Diaspora Belanda Siap Perkuat Kerja Sama Kesehatan Demi Indonesia

Diaspora Belanda Siap Perkuat Kerja Sama Kesehatan Demi Indonesia

Diaspora Indonesia di Belanda menyatakan kesiapannya untuk memperkuat kerja sama dan memberikan kontribusi nyata dalam memajukan kesehatan di Indonesia. Hal tersebut mencuat pada dialog antara Diaspora di Belanda dengan berbagai perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, Rumah Sakit dan institusi kesehatan lainnya di Indonesia. Kegiatan terselenggara atas fasilitasi KBRI Den Haag dan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2019 di Aula Nusantara KBRI Den Haag.

Dalam keterangan pers KBRI Den Haag, di sambutannya, Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja mengapresiasi diaspora Indonesia di Belanda, khususnya dari unsur kesehatan yang telah berdedikasi tinggi dan memiliki perhatian besar terhadap kemajuan kesehatan di Indonesia. Diharapkan kontribusi dan kerja sama yang telah dan sedang dilaksanakan dapat terus berjalan dan meningkat di masa-masa mendatang termasuk melalui pertemuan ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan atas kehadiran delegasi yang datang jauh dari Indonesia untuk memperkuat kerja sama di bidang kesehatan dan mendiskusikan berbagai kerja sama potensial di masa depan.

“Memperhatikan jalannya dialog dan diskusi malam ini, kami yakin dengan potensi besar diaspora Indonesia di Belanda yang mencapai 1,7 juta orang lebih, Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kami berharap penguatan kerja sama antara kedua belah pihak akan mewujudkan generasi muda Indonesia yang lebih sehat, cerdas, dan bahagia.“

Meskipun cuaca di Belanda diguyur hujan deras sejak pagi hingga malam hari, hal ini tidak menyurutkan para diaspora dan delegasi dari Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan dialog dimaksud. Hadir dalam acara tersebut antara lain perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, RSCM, RSUP Sardjito, RS Carolus, RS UNAIR, National Hospital, Philips Indonesia Commercial, dan RS Murni Teguh.  Sementara dari Diaspora Indonesia di Belanda hadir perwakilan dari Indonesian Diaspora Global Network Health dan Rotary Netherlands-Indonesia.

Diaspora di Belanda sejak lama sudah memberikan banyak kontribusi dan kerja sama dengan berbagai pihak di Indonesia untuk memajukan pembangunan di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, water management, liveable city dan lain-lain. KBRI Den Haag sebagai Perwakilan Pemerintah Indonesia di Belanda akan terus memberikan dukungan dan menjembatani berbagai bidang kerja sama yang dapat dimaksimalkan untuk kemajuan Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here