Deteksi Kanker Payudara, Mahasiswa UI Raih Dua Penghargaan di Ukraina

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Adriana Viola Miranda, meraih dua penghargaan bergengsi sebagai Juara 2 Oral Presentation bidang Oncology dan Best Ambassador pada ajang Bukovinian International Medical Congress (BIMCO). Kompetisi itu digelar 4-6 April lalu di Chernivtsi, Ukraina.

Dilansir laman UI, pada konferensi tersebut, Adriana mempresentasikan tulisannya bertema, “Evaluation of Circulating MiRNA Analysis: Potential Biomarker of Breast Cancer“. Hal yang dibahas adalah tentang metode deteksi dini kanker payudara menggunakan MiRNA.Dari hasil penelusuran pustaka, ditemukan bahwa metode deteksi miRNA sirkulasi benar dapat digunakan sebagai metode deteksi dini kanker payudara. Namun, masih terdapat beberapa masalah yang harus diselesaikan sebelum metode ini dapat diimplementasikan secara luas.

“Saya berharap, metode tersebut dapat semakin digali potensinya dan diperbaiki kekurangannya sehingga dapat diimplementasikan secara luas di masyarakat secepatnya. Deteksi dini kanker payudara yang lebih sensitif, spesifik, dan akurat akan membuat kanker payudara yang mencapai stadium akhir berkurang,” ujar Adriana.

BIMCO 2018, merupakan konferensi ilmiah yang diselenggarakan oleh Bukovinian State Medical University (BSMU). Mengangkat tema “Innovations and Prospects of Modern Medicine”, BIMCO 2018 mengundang mahasiswa kedokteran dan peneliti muda dari seluruh dunia untuk menjadi peserta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here