Destinasi Wisata Baru Jembatan Kaca Kampung Warna-warni Malang

Jembatan kaca di Kampung Warna-warni Malang

Kampung Warna-warni di Kota Malang kini memiliki destinasi wisata kampung baru, Tak hanya China, Malang juga punya jembatan kaca. Jembatan baru ini nantinya dapat traveler lewati untuk menyeberang dari Kampung Warna-warni ke Kampung Tridi.

Impian menghubungkan Kampung Warna Warni dengan Kampung Tridi di bantaran Kali Brantas, Kota Malang, terwujudkan.

Jembatan kaca meniru di Kota Zhangjiajie, China, yang direncanakan, sudah siap dilintasi. Proses pembangunan jembatan dengan rangka besi sudah selesai dikerjakan.Akan tetapi, karena proses pengerjaan baru selesai, wisatawan dilarang untuk melintasinya. “Baru selesai, belum kuat. Jadi tak boleh dilintasi,” kata warga berjaga di jembatan bercat warna kuning itu.

Sekilas jembatan nampak kokoh dengan rangka besi dan dasar untuk melintas terbuat dari kaca, begitu juga bagian samping kiri dan kanan jembatan.

Sehingga siapapun melintas di atasnya, akan bisa melihat deras Sungai Brantas yang mengalir atau memisahkan dua pemukiman padat penduduk itu.

Windi (22), wisatawan asal luar kota ini sangat tertarik untuk bisa swafoto di atas jembatan. Namun niatnya terpaksa harus diurungkan, karena jembatan belum diresmikan.

“Pastinya bagus foto di situ (jembatan). Dan bisa ke kampung berada di seberang sungai,” ujarnya kepada detikTravel, Minggu (1/10/2017).

Pemerintah Kota Malang berencana meresmikan jembatan Kampung Warna Warni pada akhir Oktober 2017 nanti. Ada beberapa alasan untuk menentukan waktu peresmian.

“Pertama faktor teknis, kedua menyesuaikan dengan jadwal. Ada rencana dan keinginan kami (Pemkot Malang) peresmian langsung dilakukan Menteri PUPR. Dengan begitu harus menyesuaikan dengan jadwal,” terang Kepala Bagian Humas Pemkot Malang Nurwidiyanto ketika dihubungi terpisah.

Dia juga belum memiliki data pasti mengenai detil konstruksi jembatan. Pihaknya masih mengumpulkan informasi dari dinas terkait yang menangani.

Saat peletakan batu pertama pembangunan jembatan, Wali Kota Malang Moch Anton mengatakan, jembatan kaca, akan menjadi akses penghubung antara Kampung Warna Warni dengan Kampung Tridi. Dua perkampungan itu menjadi destinasi andalan Kota Malang.

“Di sini akan dibangun jembatan kaca, kita tahu Kampung Warna Warni adalah salah satu destinasi wisata Kota Malang. Jembatan akan menghubungkan dua kampung wisata yakni warna-warni dan Tridi. Harapan kita, pengunjung semakin terfasilitasi,” ungkap Wali Kota Malang Moch Anton usai peletakan batu pertama, Selasa (9/5) silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here