Desainer Indonesia Unjuk Gigi di Harbin Fashion Week, Tiongkok

Label ready-to-wear Indonesia, Moral, di bawah arahan kreatif desainer Andandika Surasetja, menyajikan koleksi “MORAL / perspektif” di Harbin Fashion Week Spring / Summer 2019 di Tiongkok.

Seperti dilansir dari kompas.com, Moral menghadirkan 20 penampilan presentasi pada 16 Januari di Harbin, ibukota provinsi Heilongjiang, Cina timur laut.Andandika yang berbasis di Jakarta membawa koleksi terbaru Moral untuk tampil di platform internasional bersama puluhan desainer dari seluruh dunia, termasuk Tiongkok, Jepang, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, India, serta negara-negara Eropa seperti Jerman, Swiss, dan Denmark.

Moral mengatakan koleksi tersebut mengedepankan eksplorasi tekstil dengan teknik cetak pada kapas organik dengan motif yang dihasilkan dari proyek kolaborasi dengan orang-orang dengan gangguan penglihatan.

Dalam serangkaian warna hitam dan putih, serta warna yang mewakili spektrum cahaya, Moral mengangkat filosofi “sudut bidang”. Terlihat menampilkan siluet berbentuk kotak dan struktur besar yang termasuk potongan-potongan seperti jaket, kemeja, dan celana panjang.

Koleksinya juga menampilkan detail yang bisa dilepas di lengan dan punggung. Selain kapas organik, di musim ini Moral menghadirkan bahan organza sutra, beludru, kanvas, dan kulit asli.

Bahan-bahannya disesuaikan dengan bahan-bahan eksperimental seperti PVC dan plastik terpal, untuk mencerminkan nuansa streetwear.

Kristal Swarovski juga diperkenalkan sebagai terobosan baru, dalam upaya menyatukan aspek-aspek mewah dengan identitas perkotaan dan jalan-jalan, yang telah melekat pada label Andandika.