Desainer Indonesia Tampil di NYFW 2020

Desainer atau perancang busana tentulah harus memiliki suatu ide dan terobosan baru supaya busana yang diciptakan dapat memberikan kesan indah.

Tidak hanya itu, memiliki jiwa kreativitas yang tinggi juga penting dimiliki seorang desainer. Dengan memiliki jiwa tersebut, busana yang tercipta dapat lebih bermakna dan alangkah baiknya lewat busana suatu kampanye bisa disuarakan.

Seperti halnya Maggie Hutauruk Eddy, desainer asal Indonesia yang memiliki galeri seni 2Madison gallery dan label busana 2Madison Avenue.

Berkat kecintaannya pada seni dan juga busana, Maggie Hutauruk kembali memamerkan karya-karya terbaiknya di pagelaran fashion dunia, yakni New York Fashion Week (NYFW) 2020 dengan tema Fall Winter Collections 20/21 yang berlangsung selama 3 sampai 12 Februari 2020.

Maggie pun mendapat kesempatan untuk menampilkan koleksi busananya pada 10 Februari 2020 di lantai 1 sebuah gedung tua berusia 150 tahun yang terletak di 417 Broadway, New York 10013, Amerika.

Pada kesempatan ketiganya di NYFW ini, Maggie menampilkan suatu tema yang sedang banyak dibahas oleh banyak kalangan, yakni Indonesian Diversity.

Dengan tema tersebut, para model pun meragakan 16 set busana siap pakai musim panas dan musim semi 2020 dari bahan yang ramah lingkungan, serta enam set busana tambahan untuk dipresentasikan setelah pagelaran usai.

Koleksi busana berwajah Presiden Joko Widodo | Foto: instagram.com/2maggieson

Uniknya, gambar yang ada pada busana Maggie menampilkan gambar yang tidak biasa, yaitu wajah orang penting di Indonesia, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dipilihnya kedua sosok tersebut karena mereka dianggap menjadi anutan, dan sebagai bentuk kampanye peduli lingkungan pula.

Selain itu, masker yang saat ini kian dikenakan oleh warga dunia untuk menangkal virus corona juga menjadi inspirasi bagi Maggie dengan dipakai oleh para model yang sedang belenggok.

Dalam wawancaranya di laman resmi Youtube TV ONE News, Maggie menjelaskan bahwa pada kesempatan di NYFW 2020 ini Maggie ingin bisa mengkampanyekan hal lain selain koleksi busana yang ada.

Menurut Maggie, banyaknya sampah di lingkungan, banyaknya orang yang tidak peduli pada lingkungan, dan banyak pula aktivis lingkungan seperti Susi Pudjiastuti yang melakukan hal positif namun tidak disadari oleh banyak orang.

Koleksi busana berwajah Susi Pudjiastuti | Foto: instagram.com/2maggieson

Hal tersebutlah yang membuat Maggie harus bergerak menjadi salah satu orang yang peduli terhadap lingkungan.

“Jadi kali ini saya ingin menggunakan platform NYWF tidak hanya untuk menampilkan koleksi baju semata tapi juga mengkampayekan pesan,” tutur Magie kepada awak media TV ONE News.

Tidak hanya itu, dilansir dari Harian Nasional, lewat karyanya, Maggie ingin menyampaikan keprihatinannya dan menitipkan pesan kepeduliannya akan lingkungan hidup, tentu dalam presentasi gaya khas kaum mode, wearable, dan cantik.

Ibu dua anak ini juga bermaksud ingin menerjemahkan isu-isu kekinian dalam setiap rancangan busananya tanpa sedikit pun mereduksi style ala Maggie sendiri.

2Madison Avenue memang terkenal dengan busana yang memiliki keunikan sendiri. Kaya akan tabrak corak, warna, tekstur, dan bentuk raut wajah sosok-sosok familiar dunia menjadi ciri khas dari karyanya.

Ternyata tidak hanya tahun ini, sebelumnya, Maggie juga menampilkan hal yang unik di NYFW 2019, yakni membuat busana dengan mendaur ulang karung tepung terigu segitiga biru.

Maggie adalah satu dari sekian banyak anak bangsa yang memberikan kebanggaan bagi Indonesia lewat kreatifitas dan inovasinya. Tentulah hal ini patut untuk dicontoh dan dijadikan sebagi motivasi untuk anak bangsa lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here