Delegasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara Kunjungi Shanghai dan Ningbo, Tiongkok

Delegasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara Kunjungi Shanghai dan Ningbo, Tiongkok pada 30 Oktober hingga 1 November 2019

Dalam rombongan delegasi beranggotakan sembilan orang itu dipimpin oleh Dr. Debbie Kalalo, Direktur kantor kesehatan provinsi, dan termasuk staf dari divisi kesehatan masyarakat, divisi sumber daya manusia dan farmasi, divisi obat tradisional, dan peralatan medis.

Dalam kunjungannya Delegasi diterima oleh Bapak Wandi Andriano kepala bidang penerangan sosial dan budaya KJRI Shanghai.

Dalam keterangan pers yang diterima kabarrantau.com, tujuan mereka adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang pengobatan tradisional Tiongkok, untuk belajar tentang inovasi dalam layanan medis yang disampaikan di rumah sakit provinsi besar di Cina dan mengeksplorasi peluang kolaborasi antara Tiongkok khususnya Shanghai dan Ningbo dengan Sulawesi Utara dalam perawatan kesehatan. Indonesia bagian Timur relatif belum berkembang, dan tujuan utama pemerintah adalah meningkatkan kualitas layanan kesehatan di provinsi-provinsi di kawasan tersebut.

Di Shanghai mereka mengunjungi Shanghai Kangqiao Chinese herbal company; rumah sakit Shanghai Shuguang yang berafiliasi dengan Universitas Pengobatan Tradisional Cina Shanghai (T.C.M.) dan bertemu dengan bagian kerja sama internasional dari Shanghai university.
Delegasi kesehatan juga sempat bersilaturahmi dengan KJRI Shanghai yang diterima oleh Bapak Wandi Andriano, bidang penerangan sosial dan budaya.

Nottingham China Health Institute (NCHI) menjadi tuan rumah kunjungan mereka selama di Ningbo. NCHI mengatur kunjungan mereka ke Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok Ningbo, Yi Zhong He Biotech Co dan Rumah Sakit Ningbo no 1. Direktur Eksekutif, Prof Stephen Morgan, mengatakan NCHI akan membantu memfasilitasi peluang untuk kolaborasi antara Ningbo dan Sulawesi Utara di sektor kesehatan.

Di Rumah Sakit TCM Ningbo, mereka diterima oleh Sekretaris rumah sakit Ms. Can Xiujuan dan Presiden Cui Yun yang memperkenalkan sejarah dan perkembangan rumah sakit. Delegasi mengunjungi rumah sakit, yang memiliki apotek TCM terbesar di Zhejiang, dan membahas peluang bagi para profesional kesehatan Indonesia untuk mempelajari praktik-praktik TCM.

Pengusaha dan pelopor dalam pengobatan herbal Zhou Fang, yang mendirikan Yi Zhong He Biotech Co di Ningbo, membawa delegasi melakukan tur ke kebun herbal perusahaan di Yinzhou. Dia dan stafnya mengenalkan mereka pada praktik menanam herbal, mengubahnya menjadi obat-obatan dan manfaat yang bisa didapat dari obat-obatan herbal tersebut. Zhou adalah seorang promotor pendidikan kesehatan yang bersemangat di Ningbo.

Di Rumah Sakit Ningbo no 1, mereka diterima oleh Wakil Presiden Jiang Jianshuai dan anggota staf senior lainnya. Delegasi tersebut secara khusus tertarik pada inovasi dalam layanan medis yang diuraikan oleh Dr. Xia Dongdong PhD MD. Ini termasuk penggunaan aplikasi WeChat untuk memungkinkan pasien tidak hanya memesan janji bertemu dokter, tetapi juga memberikan informasi tentang gejala mereka yang dapat memungkinkan diagnosis awal penyakit menggunakan kecerdasan buatan dan mengidentifikasi departemen di rumah sakit tempat mereka harus pergi. Para delegasi juga mengunjungi pusat bahan dan pasokan, pusat laboratorium klinis dan departemen rawat jalan sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here