CSIS Indonesia Pimpin Think-tank Asia Tenggara dan Pasifik

Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS – Centre for Strategic and International Studies) Indonesia yang berbasis di Jakarta dinobatkan sebagai think-tank teratas di Asia Tenggara dan Pasifik, menurut Indeks Go To Think Tank 2018 Global.Organisasi penelitian kebijakan publik tersebut menempati urutan teratas dalam daftar tersebut yang diproduksi setiap tahun oleh Think Tanks dan Civil Society Program (TTCSP) yang berbasis di Amerika Serikat dari Lauder Institute di University of Pennsylvania. CSIS Indonesia diikuti oleh Institut Studi Pertahanan dan Strategis (IDSS) yang berbasis di Singapura dan Institut Lowy untuk Kebijakan Internasional yang berbasis di Australia, masing-masing di tempat kedua dan ketiga.

CSIS Indonesia juga menempati urutan ke-58 dalam daftar lembaga think tank non-Amerika Serikat di seluruh dunia dari 144 lembaga di seluruh dunia, atau ke 80 dari 177 untuk seluruh lembaga think tank termasuk yang berbasis di Amerika Serikat.

Shafiah Muhibat, head of international relations at the Centre for Strategic and International Studies (CSIS)
Shafiah Muhibat, ketua international relations di Centre for Strategic and International Studies (CSIS) | Foto: Seto Wardhana / Jakarta Post

Dalam laporan yang baru-baru ini diterbitkan, TTCSP mengumpulkan hasil berdasarkan setidaknya 28 kriteria, termasuk kualitas dan komitmen kepemimpinan, dampak penelitian dan program, serta reputasi media.

“Pengakuan internasional semacam ini berfungsi sebagai pengingat bagi kita semua di CSIS bahwa kita telah ada selama beberapa waktu dan masih ada satu tantangan yang tetap, yaitu bagaimana tetap relevan sebagai lembaga penelitian yang berorientasi kebijakan dalam lingkungan demokratis Indonesia,” direktur eksekutif CSIS Philips J. Vermonte mengatakan seperti yang dikutip dari The Jakarta Post pada hari Kamis.

“Generasi muda peneliti akan melanjutkan tradisi intelektual yang ditetapkan oleh para pendiri CSIS hampir 50 tahun yang lalu.”

Tahun lalu, CSIS menjadi satu-satunya lembaga think tank di Indonesia yang masuk dalam daftar lembaga think tank paling berpengaruh di dunia dalam Global Go To

Think Tank Index 2017. Menempatkannya di urutan 64 di daftar non-Amerika Serikat top think thank dan 76 di daftar gabungan dari 7.815 institusi secara global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here