Campuran Kopi Toraja dan Arabika untuk Mencegah Kerutan

Orang awam mengenal kopi sebagai bahan minuman tentulah lazim. Biji kopi menjadi tak lazim jika dijadikan bahan membuat sabun. Namun, bagi Tanti Lee dan Retti Anggraeni hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin.

Kopi toraja dan arabika selain dikonsumsi sebagai minuman khas Indonesia, juga dipilih sebagai bahan utamanya yang ternyata diolah dan dikemas menjadi sabun natural. Sebuah karya bisnis rumah tangga yang diberi label “Aduzi”. Produk tersebut dipasarkan secara online oleh dua perempuan yang berteman sejak SMA, Tanti Lee dan Retti Anggraeni.

Ditemui di Jalan Sorowajan Baru No 19 Bantul, Tanti dan Retti sangat antusias menceritakan awal memulai bisnis mereka yang dirintis sejak 2015 kepada Jawapos. Ide membuat sabun natural sebenarnya cukup sepele. Berawal karena keduanya sama-sama tidak cocok menggunakan sabun mandi pada umumnya, dengan merek pabrikan. Suatu ketika, di acara reuni SMA, kedua teman sejawat itu bertemu kembali setelah sekian lama tak bersua. Mengalami keluhan serupa terhadap sabun mandi, keduanya sepakat membuat produk sendiri yang lebih alami tanpa bahan pangawet (paraben) dan detergen. Keduanya meyakini, sabun berbahan alami lebih aman untuk kulit. “Kami sama-sama mempunyai kulit sensitif. Dari situ, muncul inisiatif membuat sabun sendiri yang tidak membuat kulit kami kering atau gatal,” ungkap Tanti.

Berbekal ilmu dan teknik membuat sabun alami dari temannya di Jakarta, usaha sabun rumahan yang digeluti keduanya ternyata cukup menguntungkan.

Aduzi menggunakan bahan NaOH dan minyak-minyak alami. Seperti minyak kelapa, minyak kulit ari beras, minyak bunga matahari, dan minyak biji anggur. Mereka juga menambahkan fragrance oil dan kopi sebagai tambahan. Kesan alami produk sabun karya keduanya juga terwujud dari proses pembuatannya. Dengan cara manual. Menggunakan tangan. Diawali proses pendinginan atau cold process dalam tempo 5 minggu. Proses itu untuk membekukan semua bahan.

Keduanya memilih kopi sebagai tambahan karena beberapa hal. Selain mudah didapat, kopi bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kopi bisa menghaluskan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Juga menghilangkan bau badan serta menetralkan kulit iritasi, dan memberikan nutrisi, sekaligus mencegah dan mengurangi kerutan pada kulit. “Tak menyangka produk ini banyak yang menggemari,” ungkap Retti.

Tak ingin berhenti sampai di situ, mereka juga membuat aneka souvenir pernikahan dan ulang tahun dengan bahan serupa. Bahkan, baru-baru ini mereka mendapat pesanan dari konsumen di Australia.Untuk lebih menarik minat konsumen, sabun dicetak bermacam-macam model. Seperti mawar, wortel, cupid, dan bentuk-bentuk unik lain. Atau menyesuaikan pesanan konsumen. Untuk pewarna juga dipilih bahan-bahan alami dari tumbuh-tumbuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here