Bunga Amorphophallus gigas sebagai Tertinggi Di dunia Akan Mekar di Bengkulu

Bunga Tertinggi Didunia Tumbuh di Bengkulu

Selain Bunga Rafflesia, di Indonesia akan kembali mekar bunga Amorphoohallus gigas yang juga merupakan bunga tertinggi di dunia yang saat ini tumbuh di Bengkulu, adapun Bunga Amorphophallus gigas yg tingginya ternyata melebihi bunga Amorpholophalus titanum, namun dengan tangkai bunga yang panjang. Dengan “kuntum” bunganya yang relatif lebih pendek.

Bunga Amorphophallus gigas ini diketahui sangat langka mekar, kurang dari 3 tahun sekali kemungkinan akan mekar di kawasan konservasi yang berada di Bengkulu. Amorphophalus gigas diketahui termasuk dalam 4 Puspa Langka Bengkulu dan sebagai Pemecah Rekor Dunia yaitu sebagai Bunga Majemuk Tertinggi Di Dunia, setelah Rafflesia arnoldii sebagai Bunga Tunggal Terbesar Di Dunia, Amorphophalus titanum sebagai Bunga Majemuk Terbesar Di Dunia dan Gramatophyllum specium sebagai Bunga Terpanjang Di Dunia.

Rupanya bunga Amorphophallus gigas Tinggal menunggu beberapa hari lagi akan mekar dengan ketinggian yang sudah mencapai lebih dari 3 meter.

seperti diketahui Kemekaran ini merupakan kali ketiga sejak kebun penangkaran Holidin dibuat, pertama Amorphophallus Gigas mekar pada 21 Maret 2013 dengan ketinggian mencapai 4 meter 25 centimeter. Untuk yang kedua mekar sempurna dg ketinggian sekitar 4 meter 10 centimeter pada 21 Maret 2016 yg lalu dan yg ketiga akan mekar kali ini di perkirakan sekitar 4 m lebih.

berdasarkan peneltian Tumbuhan bunga ini memiliki fasa generatif dan vegetatif beragantian, pada fase vegetatif hanya tumbuh batang daun sementara pada fase generatif dikenal dengan tumbuhnya bunga. Jika mengalami penyerbukan, bunga akan berubah menjadi buah. Amorphophallus merupakan tumbuhan yang termasuk dalam marga talas-talasan (Araceae) dan tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi.

Dilihat dari Bentuk umbinya bulat gepeng hingga silindris memanjang, Amorphophallus dikenal dengan dua ratus jenis yang 25 jenisnya berada di Indonesia. Serta dari jumlah tersebut, 18 jenis diantaranya ialah tumbuhan endemik termasuk A Gigas dan Amorphophallus Gigas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here