Buku Beyond Java diluncurkan, Peringati 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Prancis

Book Launch Beyond Java_Dubes-Fotografer

Sebagai bagian dari peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Prancis, buku berjudul Beyond Java yang berisi foto-foto Indonesia hasil bidikan Marius Moragues diluncurkan di restoran Indonesia di Prancis, Djawa Valmy (01/09/2020). Marius Moragues adalah seorang fotografer asal Prancis yang telah mengelilingi Indonesia, terutama Sumatera dan Jawa sejak lima tahun yang lalu untuk mencari objek foto. Ia mengenal baik Indonesia, bahkan dapat berbicara Bahasa Indonesia dan sedikit bahasa Jawa.

“Semangat dan kegigihan bangsa Indonesia, keterbukaan, keramahan, kearifan, dan kejujuran yang tercermin dari ekspresi wajah masyarakat Indonesia dalam foto-foto di buku  Mr. Marius Moragues, adalah karakter kuat yang menjadi fondasi hubungan antar masyarakat Indonesia dan Prancis,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Nasir saat memberikan sambutan dalam keterangan persnya.

Pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai rangkaian kegiatan untuk memperingati kedekatan Indonesia dan Prancis seperti Borobudur Marathon di Paris, Festival Gastronomi Indonesia dan pagelaran budaya terpaksa ditunda, hanya peluncuran Beyond Java yang bisa dilakukan secara terbatas. Namun demikian, Dubes Nasir menekankan bahwa COVID-19 tidak mempengaruhi semangat dan upaya penguatan kerja sama kedua negara. Hal ini tercemin dari kerja sama dan solidaritas yang tinggi, dalam upaya mengatasi pandemi COVID-19 seperti melalui lembaga Agence Française de Développement/AFD (French Development Agency) dan perusahaan-perusahaan Prancis di Indonesia.

Peluncuran buku Beyond Java ini pun dilaksanakan secara terbatas, di antaranya dihadiri wakil anggota Parlemen Prancis, beberapa wakil Pemerintah dan anggota media setempat. Acara ini diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Para tamu yang datang diukur suhu tubuhnya, dan diminta untuk menjaga jarak dan selalu menggunakan masker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here