Buah-buahan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

Semangka

Menikmati buah-buahan bisa memberikan tambahan vitamin dan nutrisi bagi tubuh. Buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Meski begitu, namun tak semua orang bisa mengkonsumsi buah-buahan dengan ukuran terbatas.

Namun bagi penderita diabetes, buah-buahan tertentu bisa menyebabkan perubahan tingkat gula dalam darah. Hal ini bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan mereka. Berikut adalah beberapa buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Mangga

Mangga disebut sebagai ‘Raja buah’ dan diklaim sebagai buah paling enak di dunia, namun sebaiknya mangga dihindari karena kandungan gulanya yang tinggi. Mengonsumsi banyak buah mangga akan menyebabkan peningkatan gula darah pada pasien diabetes.

2. Anggur

Anggur memang kaya serat, vitamin, dan nutrisi lainnya. Namun anggur juga mengandung kadar gula yang tinggi. Anggur sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes karena tiga ons anggur saja bisa mengandung 15 gram karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

3. Nanas

Nanas tentunya adalah buah yang tak boleh ada daftar diet penderita diabetes karena mengandung nilai GI yang tinggi. Dalam semangkuk kecil nanas saja bisa terkandung lebih dari 20 gram karbohidrat.

4. Aprikot

Aprikot memiliki nilai GI yang tinggi, yaitu 57 dan sebaiknya tak dikonsumsi oleh pasien diabetes. Setengah cangkir aprikot berukuran sedang saja bisa mengandung delapan gram karbohidrat yang nantinya akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here