Biji Kopi Jawa Barat Memiliki Keanekaragaman Cita rasa

Ilustrasi Biji Kopi

Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik dunia, selain terdiri barisan gunung yang menjadi produksi lahan kopi yang terbentang dari sabang hingga merauke. Jawa Barat menjadi salah satu provinsi paling banyak yang memproduksi biji kopi. Kopi asal Jawa Barat ternyata memiliki ciri khas dan aroma yang berbeda di tiap wilayah.

Salah seorang pengamat kopi jawa barat, Rizka Rahman Sidik menyuguhkan banyak jenis kopi asal Jawa Barat. Rata-rata kopi yang disuguhkan adalah jenis arabika yang aman bagi lambung, Rizka menyebut kopi Jawa Barat diantaranya dari Lembang, Aroma Bandung, Cikurai, Garut, Pengalengan, Ciwidey, dan Banjaran. Masing-masing memiliki rasa yang khas dan aroma yang berbeda.

“Ada kopi Garut, Lembang, hingga Aroma Bandung. Di Jawa Barat lebih unggul rasanya karena ditanam di topografi wilayah dengan suhu yang lebih rendah,” kata Rizka.

sementara Kopi Garut rasa asamnya lebih kuat dan pahitnya lebih rendah. Kopi ini cocok untuk penderita sakit maagh. Kopi Lembang rasa pahitnya lebih kuat dan rasa asamnya tidak ada. Sedangkan kopi aroma Bandung aromanya wangi dan khas.

“Kopi arabika memang lebih aman untuk lambung dibanding robusta yang lebih kuat. Kami pakai kopi aroma Bandung misalnya untuk menu kopi Vietnam Drip,” jelasnya.

Rizka menjelaskan untuk menu kopi lebih baik memilih kopi hitam daripada latte. Kopi hitam, kata dia, lebih sehat untuk jantung.

“Kopi hitam yang murni tak pakai gula itu lebih baik untuk jantung. Lebih sehat dari latte karena mengandung lemak,” jelas Rizka.

seharusnya negara indonesia sebagai garis khatulistiwa yang menjadi lahan subur dengan kualitas kopi terbaik di dunia, dapat terjaga kualitasnya dengan memotivasi petani untuk meningkatkan produktifitasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here