Berbagai Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan

Berjalan kaki ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah untuk melatih jantung agar tetap sehat dan dengan jalan kaki adalah salah satu latihan aerobik paling sederhana dan teraman yang dapat kita lakukan.Nah, tahukah Anda bahwa jalan kaki akan membantu memperkuat tulang, mengontrol berat badan, dan kondisi jantung dan paru-paru.Melakukan jalan kaki secara rutin dan konsisten adalah salah satu faktor terpenting dalam membentuk program aktivitas fisik yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu atau setiap hari tidak kurang dari 10 ribu langkah untuk membuat anda hidup sehat jangka panjang.

Manfaat berjalan kaki saat berangkat memulai aktivitas di pagi hari seperti ke kantor ataupun ke sekolah bisa bermanfaat untuk kesehatan. Jalan kaki bisa merupakan jenis olahraga yang sangat praktis, tanpa disadari berjalan kaki ke sekolah merupakan kegiatan olahraga yang memiliki manfaat seperti manfaat berenang. Tentu saja ada banyak manfaat yang tersimpan dari berjalan kaki ini, diantaranya berhasil di rangkum kabarrantau berikut ini :

1. Mencegah Osteoporosis

Jenis penyakit tulang yang banyak terjadi pada para lansia ini terjadi karena massa tulang yang rendah serta  mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Pencegahan tulang keropos ini tidak hanya diperoleh dari kalsium pada  susu, namun harus diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya sekitar 15 menit sehari setiap hari.

2. Kesehatan Jantung

Berjalan kaki akan membuat tekanan darah berkurang yang mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Pada saat berjalan kaki tubuh menjadi bergerak sehingga kolesterol baik (HDL) yang menyerap kolesterol jahat (LDL) mengalami peningkatan yang mampu menyehatkan jantung.

3. Menjaga kebugaran

Berjalan kaki setiap hari saat berangkat ke kantor akan menjaga kebugaran tubuh selama beraktivitas. Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu mampu meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernapasan secara signifikan.

4. Meningkatkan Sistem Pernafasan

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga santai yang dapat dilakukan siapa saja. Aktivitas ini dapat membuat sistem pernafasan lebih lancar dan lebih kuat tentunya. Dengan berjalan kaki setiap hari anda dapat membantu nafas anda lebih panjang.

5. Menjaga Kestabilan tekanan darah

Proses metabolisme dalam tubuh juga dapat dibantu dengan berjalan kaki, dengan metabolisme tubuh yang lancar maka anda dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi maka ada baiknya anda mulai melakukan jalan kaki secara rutin di pagi hari.

6. Mencegah dimensia

Dimensia merupakan penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang kebanyakan menyerang orang tua. Studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit dimensia ini dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin di berbagai kesempatan. Setidaknya ia dapat mengurangi risiko dimensia sebanyak 40%.

7. Fondasi Untuk Hidup Sehat

Jalan kaki secara rutin adalah fondasi yang kuat bagi setiap orang dalam menjalankan hidup sehat. Tidak heran beberapa produk susu menyarankan dan mengalakkan program 10.000 langkah setiap hari untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai kelainan & penyakit tulang.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan berjalan kaki anda sudah melakukan effort yang cukup untuk memberikan sistem imun yang lebih kuat pada tubuh. Keringat dan lancarnya metabolisme tubuh akan membantu imunitas tubuh agar tidak terserang dari berbagai penyakit berbahaya.

9. Meningkatkan vitamin D di Tubuh

Vitamin d dalam tubuh dapat diperoleh dari berbagai sumber, selain dari makanan, sinar matahari pagi merupakan sumber yang paling penting untuk membentuk vitamin D. Berjalan kaki akan otomatis memberikan tubuh sinar matahari yang cukup jika dilakukan di luar ruangan, yang artinya meningkatkan nutrisi vitamin D dalam tubuh anda.

10. Tidur lebih nyenyak

Jika anda melakukan jalan kaki 30 menit di setiap pagi hari, ini akan membantu dalam kenyenyakan tidur anda di malam hari. Sama seperti olahraga pada umumnya, jalan kaki akan sangat membantu metabolisme dan memberikan efek nyaman pada saat tidur nantinya.

Sebelum melakukan berjalan kaki Ingatlah untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu dan pelemasan setelah jalan kaki. Pakailah sepatu yang cocok dengan sedikit longgar di bagian depan untuk mengantisipasi pelebaran kaki saat jalan kaki dilakukan sehingga terhindar dari rasa sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here