Beberapa Kemeriahan Perayaan Hari Anak Yang Unik di Beberapa Negara

Anak merupakan generasi penerus orangtua, dan bangsa, di semua negara banyak memiliki peringatan untuk melindungi anak dunia, Sejarah Hari Anak Nasional Nasional – Hari Anak merupakan event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai negara di belahan dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal diperingati setiap 20 November. Tanggal tersebut diumumkan oleh PBB sebagai hari anak-anak sedunia.

Organisasi anak di bawah PBB sendiri yaitu UNICEF pertama kali menyelenggarakan peringatan hari anak sedunia pada bulan Oktober tahun 1953. kemudia pada Tanggal 14 Desember 1954, Majelis Umum PBB lewat sebuah resolusi mengumumkan satu hari tertentu dalam setahun sebagai hari anak se-dunia yaitu pada tanggal 20 November. Setiap Negara bisa saja merayakan Hari Anak pada tanggal yang berbeda-beda, namun perayaan ini tetap bertujuan sama yaitu menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli di Indonesia. Berbagai acara dilakukan dalam rangka merayakan hari yang spesial untuk anak-anak ini, seperti berbagai lomba, seminar dan lain sebagainya. Tidak hanya di Indonesia, perayaan Hari Anak juga dilakukan oleh berbagai Negara lainnya. Berikut  ini beberapa negara yang menyelenggarakan peringatan hari anak dengan cara yang unik yang berhasil di rangkum kabarrantau.com dari berbagai sumber:

Jepang

Koinobori

Negara yang tenar dengan julukan Negeri Sakura ini menaruh perhatian khusus pada anak-anak. Jepang merayakan hari anak setiap tanggal 5 Mei dan diselenggarakan dengan cukup meriah. Biasanya, rumah-rumah di Jepang memasang Koinobori, yaitu layangan berbentuk ikan dan dipasang di depan rumah. Selain itu, pada tanggal 11 November juga diadakan perayaan Sichi-go- san yaitu perayaan untuk anak berusia 3,5 dan 7 tahun. Pada saat itu, anak-anak mendapatkan permen panjang sebagai lambang panjang umur.

Korea

Festival Anak di Korea

Sama seperti Jepang, hari anak-anak di Korea Selatan, atau bahasa Koreanya Orini-Nal, diadakan setiap tanggal 5 Mei.  Pada hari ini anak-anak di Korea mendapatkan perlakuan spesial dibandingkan hari-hari lainnya. Anak-anak akan mendapatkan hadiah dari orangtua dan dibuatkan masakan favorit mereka. Pemerintah Korea juga menerapkan tanggal 5 Mei sebagai hari libur nasional, yang ditujukan supaya para orang tua diberikan waktu lebih untuk menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Dan beberapa tempat hiburan seperti Museum atau taman bermain membebaskan biaya bagi setiap anak yang datang pada hari ini.

Meksiko

Hari anak di Meksiko dikenal dengan nama El Niño Del Día. Perayaan ini dilaksanakan setiap tanggal 30 April. Pada hari itu, anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) diliburkan. Anak-anak juga bermain berbagai permainan tradisional Meksiko. Yang lebih menyenangkan, berbagai toko mainan anak akan menjual mainan anak dengan harga murah dan memberikan permen gratis pada anak-anak

Turki

Perayaan Hari Anak di Turki

Turki merayakan Hari Anak setiap tanggal 23 April. Biasanya, pada hari tersebut diadakan karnaval anak-anak di jalan raya. Di sana, anak-anak melakukan karnaval dengan menggunakan busana tradisional Turki. Yang unik adalah, pada hari itu anak-anak diberi kesempatan untuk menggantikan pejabat Negara. Mereka bisa menajdi Presiden, perdana menteri, gubernur dan semacamnya. Pada hari itu, mereka juga menggantikan anggota parlemen di Majelis Nasional Agung (semacam Majelis Permusyawaratan Rakyat di Indonesia) untuk membahas berbagai isu anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here