Batik Indonesia Jadi Primadona Dalam Festival of Art Uzbekistan 2017

Indonesia kaya akan kerajinan kesenian, dan diakui di dunia international, salah satunya seni kain nusantara, dan kain Batik dan Songket menjadi primadona pada Festival of Art di Uzbekistan (18-22/04/2017). Selain itu juga ditampilkan alat musik tradisional, yaitu angklung dan bagian kecil  gamelan Jawa.

Dilansir dari KBRI Tashkent Uzbekistan, Festival of Art Bertempat di Academy of Art Tashkent, para pengunjung memenuhi stand Indonesia untuk mengetahui lebih jauh mengenai cara pembuatan Batik. Pada festival tersebut, batik tidak hanya dipamerkan dalam bentuk kain, melainkan juga dalam bentuk pakaian jadi dan aneka kerajinan.

Batik Indonesia mendapat perhatian tersendiri bagi para pengunjung, dikarenakan keindahan motif dan proses pembuatannya yang memakan waktu serta ketekunan luar biasa. Selain itu, pengunjung juga terkesima bahwa Batik telah ditetapkan oleh Unesco sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Sebagian pengunjung yang datang ke Festival merupakan penggiat seni Uzbekistan.

Penyelenggaraan Festival of Art di Academy of Art Tashkent merupakan kegiatan rutin tiap tahun, yang bertujuan untuk menampilkan keluhuran cipta karya berbagai bangsa dalam mengapresiasi berbagai karya seni, antara lain seni lukis, pahat, dan fotografi. Beberapa negara, selain Indonesia yang mengikuti festival tersebut juga Jepang, Ukraina, Palestina, Bangladesh, dan Pakistan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here