Atlet Wushu Indonesia Raih Medali di Brasil

Anak bangsa kembali membawa nama harum negeri ini. Setelah sebelumnya ada Lalu Muhammad Zohri yang mencetak sejarah baru di dunia. Kali ini Tim Wushu Indonesia pun berhasil meraih satu medali emas, empat medali perak, dan lima medali perunggu pada Kejuaraan Dunia Junior Wushu yang berlangsung di Brasilia, Brasil 9-16 Juli 2018.Dalam keterangannya, Pengurus Besar Wushu Indonesia melalui Antara menyampaikan bahwa medali emas Tim Wushu Indonesia berhasil dicapai oleh Jeyon Kusmoyo pada nomor Taijiquan B.

Lebih lagi Menteri Perindustrian yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) menyampaikan rasa optimisnya terhadap atlet-atlet wushu Indonesia yang dapat memberikan penampilan terbaik, sehingga turut mampu menambah perolehan medali untuk Indonesia.

Atlet Wushu Indonesia Berhasil Kumandangkan Lagu Indonesia Raya di Brasil (Sumber dok: Tribun News)
Atlet Wushu Indonesia Berhasil Kumandangkan Lagu Indonesia Raya di Brasil (Sumber dok: Tribun News)

Pada ajang tersebut Pengurus Besar Wushu Indonesia mengirim sekitar 20 atlet wushu junior yang terdiri atas 12 atlet taolo (jurus) dan 8 atlet sanda (tanding). Disampaikan pula bahwa 20 atlet tersebut merupakan anak-anak berbakat hasil dari Kejuaraan Nasional Senior dan Junior Piala Raja di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Selain berhasil memperoleh medali emas, Jevon Kusmoyo juga meraih medali perak pada nomor Taiji. Selanjutnya, tiga medali perak lain masing-masingnya berhasil dimenangkan oleh Nadya Permata pada nomor Changquan dan Ginshu A, juga Joyceline pada Jianshu.

Kemudian, lima medali perunggu lain diperoleh atas nama Thalia Marvelina pada Gunshu, Nelson Louis pada nomor Jianshu, Patricia Geraldine pada nomor Jianshu, Ahmad Gifari pada Tombak, dan Joyceline pada Nanquan B.

Jevon Koesmoyo Saat Raih Medali di Brasil (Sumber dok: NYSN Media)
Jevon Koesmoyo Saat Raih Medali di Brasil (Sumber dok: NYSN Media)

Harapannya dengan pencapaian yang luar biasa ini, tim wushu junior dapat menjadi cikal bakal bagi pelapis tim senior yang ada. Oleh sebab itu, pemerintah maupun Pengurus Besar Wushu Indonesia memberikan kesempatan pada atlet-atlet junior untuk menimba pengalaman dalam berbagai ajang kejuaraan, salah satunya kejuaraan dunia, agar nantinya tidak ada kesenjangan antara atlet junior dengan senior.

Di sisi lain, kejuaraan ini juga menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki ribuan anak bangsa yang membanggakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here