Atlet Dayung Indonesia Boyong Piala Regata Brunei 2018

Regata

Usai piala AFF U-16 2018, Indonesia kembali menerima kado manis menjelang Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI. Kali ini berita baik datang dari Brunei Darussalam, sebanyak 39 orang atlet muda Indonesia berhasil merebut gelar juara pertama pada lomba dayung maraton 5 km pada Regata Brunei Darussalam 2018 di Bandar Seri Begawan, Minggu, 12 Agustus 2018. Adalah Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalimantan Barat yang membawa nama harum Indonesia dengan mengalahkan wakil-wakil dari Brunei, Sabah – Malaysia, dan Tiongkok.Piala bergilir diserahkan langsung oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah kepada ketua delegasi Abdi Nurkamil Mawardi, Ketua Harian PODSI Kalbar.

Selain nomor maraton, PODSI Kalbar juga memperoleh juara pertama lomba perahu fiberglass pemuda umur 30 tahun ke bawah dan juara ketiga lomba perahu tradisi terbuka 30 pendayung dengan total hadiah mencapai lebih dari tujuh puluh juta rupiah.

​“Alhamdulillah, kami bersyukur memperoleh juara marathon ini walau dengan persiapan yang terbatas. Tim hanya sempat berlatih tiga hari”, ucap Abdi mengungkapkan kebahagiannya. “Semoga ke depan undangan Regata dapat dikirim lebih awal dan jarak antar lomba dapat diperpanjang, jadi kami dapat berpartisipasi lebih baik dan di lebih banyak perlombaan Regata” tambah Abdi dilansir KBRI Brunei Darussalam.

Turut serta memberikan semangat kepada delegasi yaitu Duta Besar Republik Indonesia untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, dan Putra Mahkota Kesultanan Sambas, Raden Muhammad Tarhan.

“Tentu kami senang atas prestasi para pemuda PODSI Kalbar di Brunei Regatta. Prestasi ini menambah geliat prestasi pemuda-pemudi sebelumnya di Brunei Darussalam. Saya harapkan ini akan mendorong prestasi Indonesia di Asian Games 2018″ ucap Dubes Sujatmiko.

“Prestasi ini saya harap dapat mempererat hubungan Indonesia-Brunei. Selain itu, kami juga senang Indonesia dapat berpartisipasi pada Regata Brunei yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Sultan”, lanjut Dubes Sujatmiko saat diwawancara media lokal.

Pada Regata 2018 ini, PODSI kalbar mengikuti lima nomor lomba yaitu perahu tradisi 25 pendayung, perahu fiberglass pemuda umur 30 tahun ke bawah 15 pendayung, perahu tradisi terbuka 30 pendayung, perahu fiberglass pemuda umur 30 tahun ke bawah 20 pendayung, serta perahu tradisi maraton 30 pendayung.

Lomba Dayung Regata Brunei Darussalam 2018 diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memperingati hari ulang tahun Sultan Brunei, dengan mempertandingkan dua belas nomor lomba tingkat lokal dan internasional yang pada tahun ini diikuti oleh peserta dari Brunei, Indonesia, Malaysia dan RRT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here