Anak Indonesia Meraih Prestasi di Kompetisi Kapal Internasional

Setelah prestasi berturut-turut Indonesia saat Asian Games 2018 di berbagai cabang olahraga, kini Indonesia juga berprestasi di bidang perkapalan teknologi hydromodelling! Kereen!Dilansir GNFI, Prestasi tersebut disabet oleh tim yang terdiri dari mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Hydromodelling Technology and Workshop (HTW) UI di ajang The 5th Edition of Hydrocontest 2019 di Perancis. Lomba tahunan ini secara umum berupa adu cepat kapal yang diikuti oleh 28 tim dari 12 negara.

Tim dari UI mendapatkan peringkat kedua dunia untuk kategori Long Distance Race, lalu meraih posisi delapan besar di kategori Lightweight race (beban 20 kg) dan posisi 12 besar untuk kategori Heavyweight race (200 kg).

Adapun Long Distance Race, kategori yang diungguli tim UI ini, seperti yang dilansir dari Teknika FTUI, merupakan kategori race yang mengharuskan kapal melewati lintasan sebanyak mungkin dalam waktu satu jam.

Tim yang terdiri dari 14 mahasiswa tersebut yaitu Mufty Noer Aulia yang juga ketua tim Hydros UI, Vania Juliani Utami, Nabila Alifani, Azizah Nilam Wandira, Bayu Anugerah Pratama, M. Fa’iq, Vidi Wardhana, M. Aziz Murdianto, Naufal Muhadzib Rafif, Alvin Raditya Putra, M. Fuad Syahrudin, M. Akbar, Haekal Dwiputera, Aprian Hidayat dan Narenda Putra Dipta.

Perlombaan yang diselenggarakan di Saint Tropez, Plage des Canebiers, Perancis yang merupakan salah satu pantai terbaik ini berlangsung sejak 2 September 2018 hingga 9 September 2018 lalu, dan merupakan perlombaan yang berfokus pada pemanfaatan energi maritim yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Menurut Ketua HTW UI 2018, Arma Amin, seperti yang dilansir dari Teknika FTUI, bahwa prestasi ini merupakan pencapaian yang membanggakan dan tentu tidak mudah dicapai.

Mahasiswa teknik Mesin angkatan 2015 itu mengatakan bahwa HTW UI telah berpartisipasi di kompetisi ini sejak 3 tahun terakhir. Tahun 2017 lalu pun tim HTW UI berhasil menduduki posisi empat dalam kategori Heavyweight, posisi tujuh untuk kategori Lightweight dan posisi 9 untuk kategori Long distance. Sehingga, peningkatan ke posisi dua untuk kategori Long distance sangat memuaskan.

Memang membanggakan sekali, ya. Tak kenal menyerah dan terus berusaha berprogres ternyata membuahkan hasil yang memuaskan. Apalagi, membangun kapal bukan hal yang mudah sama sekali. Potensi anak-anak muda Indonesia memang tidak lagi diragukan! Terutama, Indonesia memang tidak lagi diragukan! Terutama, Indonesia memiliki visi menjadi poros maritim dunia. Harus kita dukung dan kawal, nih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here