Alfian M. Fajri Raih Juara Piala Dunia Panjat Tebing di Chongqing

Atlit Panjat tebing Indonesia Alfian M. Fajri meraih medali emas di Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2019 seri Chongqing. Dia jadi yang terbaik di nomor adu kecepatan putra.

Atlet asal Solo itu berhasil mengalahkan lawan-lawannya dengan catatan waktu 5,970 detik. Alfian mengungguli atlet Ukraina Kostianyn Pavlenko dan Rusia Sergey Rukin yang menempati posisi 2-3.

Pavlenko mencatatkan waktu 6,310 detik dan diganjar medali perak. Sementara Rukin merengkuh medali perunggu dengan catatan waktu 6,808 detik.

“Saya berterima kasih kepada semua yang telah mendukung. Syukur Alhamdullilah kepada Tuhan yang Maha Esa saya bisa maksimal,” kata Alfian dalam rilis yang diterima detikSport, Sabtu (27/4/2019).

“Saya tadi mainnya lebih tenang dan rileks. Saya juga selalu berdoa supaya diberi kelancaraan saat berlomba,” ujarnya kemudian.

Ketua Umum FPTI Faisol Riza mengapresiasi kerja keras Alfian di Chongqing. Dia bilang, prestasi ini awal yang bagus untuk tim nasional Indonesia.

“Ini awal yang bagus dan saya percaya pelatih punya strategi agar kami juga bisa bagus di nomor lainnya, boulder dan lead,” kata Faisol, terpisah.

Piala Dunia Panjat Tebing IFSC sendiri digelar berseri, mempertarungkan nomor boulder, lead, dan speed. Di nomor speed, ini merupakan seri kedua setelah Moskow pada 12-14 April lalu.

Setelah ini masih ada seri Wujiang (China), Villars (Swiss), Chamonix (Prancis), dan Xiamen (China). Atlet dengan total poin tertinggi akan meraih gelar juara dunia. Tahun lalu atlet Prancis Bassa Mawem menjadi juara dunia di kategori speed ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here