Ajaib, Naufal Rizki Bocah Penemu Energi Listrik Dari Pohon Kedondong

Naufal dan instalasi listrik dari pohon kedondong

Sebuah inovasi membawa nama harum bangsa indonesia tercipta dari ide genius seorang remaja asal Langsa, Aceh.

Dialah Naufal Rizki, pelajar kelas 3 MTSN Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh yang menemukan potensi listrik dari pohon yang selama ini hanya dikenal sebagai bahan jajanan rujak.

Penemuan ini membuktikan bahwa sumber energi listrik terbarukan tidak selamanya harus selalu dari angin, air, atau matahari. Berkat kecerdasannya, sedikitnya ada 60 rumah di Aceh telah memiliki lampu dimana listriknya berasal dari pohon kedondong.

Sebagaimana Dilansir sefsed.com (30/4/2017), Kisah penemuan Naufal bermula dari tugas sekolah, Naufal mencoba bereksperimen dengan beberapa buah yang dapat menghantarkan listrik. Dengan bantuan sang ayah yang kebetulan bekerja di elektronik, akhirnya ia berhasil menemukan sumber listrik alami dari pohon kedondong di depan rumahnya.

Seperti dikutip dari AFP, yang menyayangkan pemerintah Indonesia tidak jeli dalam melihat setiap potensi yang dimiliki oleh rakyatnya. Menteri Energi Turki, Yildiz mengungkapkan “Energi terbarukan merupakan masa depan Dunia yang mana para Penemunya adalah sebuah permata yang sangat layak untuk diperebutkan.”
Begitu juga dengan pihak Brunei, Menteri Energi Muhammad Yasmin bin Haji Umar juga mengungkapkan hal senada seperti Turki, dimana beliau mengatakan “Sebuah Efisiensi energi mutlak diperlukan, dimana masa depan dunia berada padda genggaman para penemu-penemu energi terbarukan, Kami berani membayar mahal untuk hal tersebut.”
Naufal Rizki merupakan anak pertama dari dua bersaudara pasangan Deski dan Supriaman, yang mana awalnya Rizki hanya coba-coba yang akhirnya bisa menemukan energi Listrik dari sebuah batang pohon kedondong.
Di awal percobaannya Rizki melakukan penelitian atau eksperimen pada sebuah pohon mangga yang kesimpulannya pohon tersebut tidak layak dan daya listriknya kurang. Pada akhirnya Dia menemukan pohon kedondong pagar yang setelah diteliti kadar asam atau getahnya bisa menghantarkan energi listrik.
Percobaan tersebut didukung oleh ayahanda tercinta, dimana sang ayah rela mengeluarkan biaya percobaan lebih dari 14 Juta. Tidak cukup hanya satu atau dua kali saja mengalami kegagalan, Untuk memperoleh hasil akhir tersebut memerlukan 60 kali percobaan dan dengan hasil temuannya tersebut Naufal Rizki berhasil mengaliri listrik satu rumah hanya dengan memanfaatkna sepuluh Pohon kedondong pagar.
Sejalan dengan hobinya tersebut, Rizki ternyata mempunyai cita-cita ingin menjadi seorang Ilmuwan, Dia menuturkan ” Saya ingin menjadi ilmuwan dan nanti kedepannya ingin bereksperimen mengembangkan alat elektronika”.
Banyak pihak mengharapkan Pemerintah segera sigap dengan adanya potensi anak-anak Bangsa yang mempunyai dedikasi tinggi dan memberikan manfaat untuk Negara di masa depan, Bila tidak maka sangat terbuka kemungkinan Negara lain akan memboyong Generasi ‘Jenius’ Indonesia ke Negara lain.
Semoga Semangat Bocah Cilik Penemu energi Listrik dari Pohon Kedondong asal Aceh tersebut bisa menginspirasi Anak-anak Generasi Cerdas Indnesia bisa berkompetensi dan menunjukkan kemampuannya bahwa Kita tidak kalah dengan Bangsa Lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here