Agus Sukimin, Pembuat Motor Kayu Asal Bojonegoro

Sering beraktifitas sebagai tukang kayu memberikan ide cemerlang bagi Agus Sukimin. Lelaki asal Desa Kamolan ini menyulap motor tua menjadi motor baru dengan Bahan berupa kayu.

Suara ketukan kayu di salah satu rumah di Desa Kamolan, Blora, terdengar tak beraturan. Terlihat Agus Sukimin membuat lemari di rumah bagian belakang. saat ditemui Jawapos Lelaki berusia 40 tahun ini lalu mengajak ke rumahnya berdinding kayu bercat hijau.

Agus, sapaannya, sudah mengetahui maksud kedatangannya, lalu menunjukkan motor dengan casing kayu jati. Semua mesin motor ditutup dengan casing kayu. Sehingga, motor tua keluaran 1990 ini pun terlihat seperti baru. ’’Ini motor GL-100,’’ katanya.

Awal membuat motor kayu ini ketika tangkinya bocor. Awalnya ia hanya ingin menambal bagian tangkinya dengan casing kayu. Tapi, setelah melihat bagus, Agus lalu meneruskan dengan menutupi bagian-bagian luar motornya dengan kayu. Mulai bagian jok, skok, slebor, hingga knalpot.

Motor kayunya pun terlihat nyentrik. Kayu-kayu tersebut juga dipelitur dengan rapi. ’’Ini tinggal beberapa bagian seperti bagian pelek roda, ’’ ujarnya.

Waktu membuat motor kayu ini ternyata lama. Agus butuh waktu enam bulan. Maklum, bahan baku yang digunakan ini merupakan sisa atau limbah kayu yang tak terpakai. Kebetulan, dia merupakan tukang kayu. Satu per satu dikumpulkan dengan telaten, hingga mengumpul.

Proses pembuatannya, menurut Agus, tidak sediki tpun menggunakan referesi dari internet atau apa pun. Murni dia buat sesuai angan-angannya. Sebelum memulai membuat bagian motor dengan kayu, Agus terlebih dahulu menggambar di kertas.

Ketekunannya mengutak-atik kayu ini tidak lepas dari hobinya selama muda membuat berbagai macam kreasi. Seperti miniatur motor. Meskipun, sampai saat ini belum ada orang tertarik membuatkan casing motor kayu. Namun, Agus siap membuatkan, jika pemesan serius. ’’Kalau ada barang dan biayanya cocok tidak perlu enam bulan satu bulan saja sudah selesai,’’ ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here