Adopsi 1000 pohon Rantau Gerakan Kebaikan Indonesia

Menteri Siti Nurbaya tanam pohon dalam acara pohon rantau

Dalam mendukung aksi tanam 1000 pohon rantau, Gerakan Kebaikan Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan aksi tanam pohon dengan nama pohon rantau di Desa Sukatani Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Gerakan Kebaikan Indonesia tanam pohon rantau kali ini dengan menamam 1000 pohon dengan program adopsi pohon dari orang-orang Indonesia di luar negeri pada 14 Februari 2016 di Desa Sukatani, Cianjur, Jawa Barat. Menurut Ketua Yayasan Green Indonesia yang juga menjadi pelopor Desa Sarongge –tempat adopsi pohon, Tosca Santoso, “Saat ini telah diadopsi sekitar 1.000 pohon dari perantau Indonesia yang ada di luar negeri, dan yang ditanam hari ini berjumlah 600 batang. Jenis pohon yang diadopsi antara lain nangka, jeruk, durian, dan petai yang diorganisir oleh Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI)”, ucap Tosca.

program adopsi tanam pohon rantau tersebut dijelaskan Tosca, Caranya, donatur memberikan dana senilai Rp.100.000 per pohon, 60 persen digunakan untuk biaya pembibitan, penanaman dan pemeliharaan pohon, sedangkan 40 persen untuk insentif usaha peningkatan ekonomi masyarakat. Program pemberdayaan ekonomi ini disesuaikan dengan rencana para petani, agar mereka bisa dengan baik mempertanggungjawabkan uang yang diamanahkan oleh para donatur. “Nah, yang sudah dilakukan para petani selama ini adalah menggunakan uang untuk beternak domba, kelinci, di Kecamatan Pacet, Cianjur,” kata Santoso.

Sementara itu Menteri Siti Nurbaya dalam sambutannya mengapresiasi program Pohon Rantau karena menilai perlu adanya kegiatan penghijauan seperti pohon rantau. Menurutnya perlu diajak berbagai pihak turut membangun keberadaan alam untuk kemakmuran masyarakat, dan perlu kesinambungan antara pemerintah pusat dan organisasi pemerhati alam dan lingkungan. Rencananya program pohon rantau akan dilakukan di wilayah lain Indonesia. Sedangkan pemerintah memiliki target penghijauan 24 juta hektare lahan.

rencananya aksi adopsi pohon rantau akan diselenggarakan tiap tahun selain untuk menghijaukan indonesia, juga memberdayakan petani lokal dengan penanaman 1000 pohon di berbagai wilayah di tanah air Indonesia.