8 Universitas Negeri dari Indonesia ini Masuk dalam Daftar 1000 Universitas Terbaik Dunia

Baru-baru ini QS World Rankingsmengeluarkan daftar 1000 universitas terbaik di dunia. Perlu diketahui bahwa QS World Rankings merupakan sebuah publikasi tahunan dari peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). QS World University Rankings merupakan satu-satunya peringkat internasional yang sudah disetujui oleh International Rankings Expert Group (IREG) dan yang paling banyak dibaca bersamaan dengan Academic Rankings of World Universities dan Times Higher Education World University Rankings.

Berikut adalah 8 universitas negeri di Indonesia yang terdapat dalam daftar 1000 universitas terbaik di dunia :

  1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas yang identik dengan sebutan “Kampus Jas Kuning” ini menempati peringkat paling atas di antara 8 universitas negeri di Indonesia yang berada dalam jajaran 1000 universitas terbaik di dunia. Universitas Indonesia berada di peringkat ke 296 dunia dengan nilai rata-rata 34,7 berdasarkan indikator QS World Rankings.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus di mana presiden Joko Widodo pernah meraih gelar sarjananya, tahun ini berada di peringkat ke 320 dunia yang mana pada tahun lalu berada pada peringkat 391. Nilai rata-rata yang diraih Universitas Gadjah Mada adalah 33,2 dengan predikat medium dalam bidang riset.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Almamater dari gubernur provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, berada pada urutan ke 331 dunia. Urutan ini naik dibandingkan sebelumnya yakni berada pada urutan ke 359. Nilai rata-rata yang didapat oleh ITB adalah 32,3 dengan predikat very high dalam kategori riset.

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB berada di peringkat antara 601 hingga 650 dunia, yang semula berada pada peringkat antara 701 hingga 750 dunia dan mendapat predikat high dalam bidang penelitian.

Logo | Foto : Plan for Germany
  1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga atau biasa disingkat dengan UNAIR berada di urutan antara ke 657 hingga 700. Peringkat ini naik dari yang sebelumnya yakni antara 751 hingga 800 selain itu, UNAIR juga mendapat predikat medium untuk bidang riset.

  1. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Selain ITB, kampus yang berada di Bandung ini juga berada dalam jajaran 1000 universitas terbaik di dunia dengan menempati posisi antara 751 hingga 800 dunia serta memperoleh predikat mediumdalam bidang riset.

  1. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas yang berada di ibu kota provinsi Jawa Tengah ini menempati peringkat antara 801 hingga 1000 dunia. Predikat yang didapat oleh Univeristas Diponegoro dalam hal penelitian adalah medium.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kampus tempat di mana Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkuliah ini juga berada di dalam daftar 1000 universitas terbaik di dunia. Peringkat ITS adalah antara 801 hingga 1000 dunia dengan predikat mediumuntuk bidang penelitian.

QS World Rankings menggunakan metodologi yang melibatkan 6 indikator salah satunya adalah kolaborasi riset dengan pihak internasional, reputasi akademik, reputasi lulusan serta beberapa indikator lainnya guna menentukan peringkat universitas dunia. Namun, peringkat-peringkat tersebut bukanlah menjadi satu-satunya tolak ukur dalam memandang universitas, karena masih banyak lembaga yang mengadakan survei dan mempublikasikan peringkat universitas dengan indikator-indikator yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here