7 Bandara di Indonesia Raih Penghargaan Dunia ASQ 2018

Bandara-bandara kelolaan PT Angkasa Pura (AP) I dan II meraih penghargaan Airport Service Quality (ASQ) 2018 dari Airport Council International (ACI). Tercatat, satu bandara kelolaan AP I dan enam bandara AP II didapuk memperoleh penghargaan itu dengan kategori beragam.Satu bandara AP I adalah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan. Sedangkan, enam bandara AP II, yakni Bandara Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Silangit (Siborong-borong), dan Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang).

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, menyampaikan, Bandara Sepinggan memboyong penghargaan di empat kategori berbeda, di antaranya bandara terbaik di Asia Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun, bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun, bandara terbaik di bidang pelayanan pelanggan dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun, serta bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

“Bandara Sepinggan mengalami peningkatan raihan prestasi dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu bandara terbesar di Kalimantan ini menyabet predikat kedua untuk bandara terbaik di Asia Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta penumpang” ujar Faik kepada Beritasatu.com, Kamis (7/3/2019).

Sementara itu, Director General ACI World, Angela Gittens, mengutarakan, ASQ Awards merupakan perayaan atas pencapaian bandara-bandara dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik. Penghargaan ini merupakan penghormatan tertinggi bagi operator bandara di seluruh dunia. Bandara yang menerima penghargaan ini dinilai telah berhasil merespon kebutuhan penumpang yang terus berubah dengan memberikan layanan dan kinerja yang lebih baik.

Dalam keterangan terpisah, Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, menuturkan, kesuksesan enam bandara AP II meraih ASQ Awards merupakan keberhasilan perseroan dalam melakukan berbagai transformasi pelayanan.

“Tranformasi pelayanan oleh AP II diakui oleh Airport Council International yang merupakan perwakilan satu-satunya dari bandara-bandara seluruh dunia. Kami bangga dapat membawa industri kebandarudaraan nasional lebih tinggi lagi di tingkat global,” jelas Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin menambahkan, AP II terus berkomitmen untuk melakukan pembenahan dan transformasi demi kepuasan pelanggan di bandara-bandara, di mana yang utama saat ini adalah menghadirkanmillennial airport travel experiencemelalui digitalisasi pelayanan.

Sedangkan, Angela Gittens mengatakan, penghargaan terhadap enam bandara AP II merupakan buah dari upaya tim AP II dalam menghadirkan pelayanan pelanggan yang superior.

“Pelanggan telah bersuara dan mengakui kesuksesan upaya tim Anda dalam menghadirkan pengalaman yang superior,” ujar Angela Gittens.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here