4 Hari Terbangun, Inilah RS Khusus Pasien Covid-19

I RS Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran sudah bisa beroperasi Senin 23 Maret 2020. Wisma Atlet Asian Games Kemayoran di Jakarta Utara yang dalam empat hari terakhir diubah menjadi rumah sakit ini adalah hasil kerjasama berbagai pihak, termasuk swasta.

RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona :

  1. Zona Hijau adalah Tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.
  2. Zone Kuning adalah Tower 3, akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya.
  3. Zone Merah* adalah Tower 6-7, adalah RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien.

Dokter-dokter yang akan bekerja di sini gabungan dokter dari berbagai instansi, dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.

Dari 10 tower yang ada, disiapkan 4 tower untuk digunakan sebagai rumah sakit darurat yakni tower 1, 3, 6 dan 7 yang semuanya berada di Blok D10. Tower 6 secara utuh mulai lantai 1 hingga 24 akan digunakan sebagai ruang rawat inap pasien.

Adapun tower 7 akan dibagi menjadi beberapa fungsi. Pada lantai 1 akan digunakan sebagai IGD, lantai 2 untuk ICU, lantai 3 untuk ruang refreshing. Sedangkan lantai 4-24 akan digunakan sebagai ruang rawat inap pasien.

Untuk dokter dan petugas medis akan menggunakan tower 1 lantai 1-24. Sedangkan tower 3 lantai 1-24 direncanakan untuk Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Fasilitas untuk pasien Covid-19 di Pulau Galang, Kepri | Infopublik.com

Selain menyiapkan rumah sakit darurat di Wisma Atlet Kemayoran, Kempupera juga terus mempercepat pembangunan fasilitas observasi/penampungan/karantina di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Pembangunan fasilitas ini ditargetkan rampung pada 28 Maret 2020.

“Untuk Pulau Galang, hampir sama komponen pekerjaannya. Itu kita merehab rumah sakit Vietnam dulu, sekarang sudah sampai 80%, kemudian membangun sedikit daerah untuk observasi dan isolasi. Tahap pertama sampai 28 Maret ini, 400 tempat tidur akan selesai untuk yang observasi, dan yang 50 untuk isolasi” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan persnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here