3 Kampus Indonesia Masuk Peringkat Dunia Versi THE

Universitas Indonesia

Sejumlah Universitas terbaik di Indonesia masuk dalam peringkat dunia dari lembaga pemeringkat Times Higher Education (THE) beberapa hari yang lalu merilis daftar peringkat 1000 universitas terbaik di dunia. Dalam daftar tersebut, tercantum nama Universitas Gadjah Mada yang bersanding dengan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia pada kelas yang sama, yaitu pada peringkat 801-1000.

“Ini tentu termasuk sebuah prestasi bagi kita, terutama karena ini tahun pertama kita mengikuti pemeringkatan THE. ITB dan UI juga ada di kelas yang sama,” ujar Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof Indra Wijaya Kusuma, Jumat (8/9) kepada wartawan.

Indra menjelaskan, THE merupakan salah satu dari 3 lembaga pemeringkatan yang terkemuka di dunia. Untuk THE sendiri, sebelumnya UGM memang belum mengikutsertakan diri dalam pemeringkatan ini.

“Kita baru mulai masuk tahun ini atas permintaan Kemenristek Dikti, karena universitas lain juga sudah mulai masuk pada tahun-tahun sebelumnya. Jadi targetnya ya masuk top 1000 dulu,” imbuh Indra.

Sebelumnya, lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) juga telah merilis peringkat universitas dunia dan menempatkan UGM pada posisi 402 dunia. Perbedaan posisi UGM pada dua lembaga pemeringkat ini, menurut Indra, adalah karena kedua lembaga menggunakan indikator yang jauh berbeda.

“Kriterianya memang beda, dan metodenya pun berbeda. Jadi tidak bisa kita bandigkan. Kalau QS melalui survei, di THE survei tetap ada tapi tidak terlalu ditekankan,” terangnya.

Pemeringkatan yang dilakukan oleh THE, jelasnya, menggunakan lima indikator, yaitu pengajaran, riset, sitasi, pemasukan industri, serta pandangan internasional. Dari kelima indikator ini, penilaian tertinggi UGM diperoleh dalam pemasukan industri dengan nilai 60.6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here