10 Tempat Wisata di Sumatera Ini Ramai Pengunjung

Danau Maninjau

Indonesia memang tak akan habis fenomena keindahan alamnya, di Pulau Sumatera memiliki berbagai objek wisata yang ramai pengunjung, di beberapa kawasan memiliki daerah gunung dan pesisir pantai sehingga di beberapa tempat kita bisa menemukan objek-objek wisata menarik di pulau ini. selain pantai terdapat wisata alam di Sumatera juga banyak kita temukan dalam bentuk cagar alam hutan yang melindungi banyak flaura dan fauna langka.

Beberapa cagar alam tersebut masih memiliki alam yang masih alami dan tersohor karena memiliki berbagai spesies langka yang dilindungi. Meskipun tak sebanyak di Pulau Jawa, wisata alam di Pulau Sumatera cukup mempesona. selain keindahan alamnya di pulau sumatera juga sangat kaya dengan nilai-nilai budaya yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung wisatawan.

Danau Maninjau, Sumatera Barat

Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, Danau yang cukup luas dengan air tenang kehijauan adalah pesona khas Danau Maninjau di Sumatera Barat. Selain Danau Maninjau, di propinsi ini juga memiliki Danau Singkarak yang juga cukup terkenal. Jika ingin melihat keindahan alam Sumatera Barat dilengkapi dengan kebudayaan Minang yang sangat kental, maka berkunjung lah ke Danau Maninjau.

Danau Maninjau

Lembah Arau, Sumatera Barat

Lembah Harau merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal keindahannya di Sumatera Barat, bahkan di Indonesia sekalipun. Karena lembah ini merupakan salah satu lembah terindah yang ada di indonesia. Objek wisata yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota ini juga dijuluki sebagai Lembah Yosemite-nya Indonesia. Karena lembah ini memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang berada di Sierra Nevada California, Amerika Serikat yang sudah terkenal ke seluruh dunia.

Lembah Arau Sumatera Barat

Wisata Alam Ombak Bono, Riau

Riau dikenal memiliki wisata alam yang mendunia, yakni wisata alam ombak bono. Bono merupakan fenomena alam dimana tempat pertemuan antara arus air tawar dan air laut menghasilan satu momentum gelombang yang terjadi di air tawar. Tempat ini berada di Pelalawan, Riau dan merupakan tempat para pecinta olahraga selancar, oleh karenanya jika anda memiliki hobi berselancar, maka lokasi wisata ini wajib untuk anda singgahi, salah satu objek wisata alam yang banyak dikunjungi turis peselancar dari luar negeri.

WISATA ALAM OMBAK BONO, RIAU

Air Terjun Bidadari, Lahat Sumatera Selatan

Sumatera Selatan memiliki banyak wisata alam yang menakjubkan dan kerap dikunjungi. Wisata air terjun bisa ditemukan di beberapa tempat di propinsi ini, diantaranya adalah air terjun bidadari, Air Terjun Bidadari ada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Kurang lebih berjarak 231 km dari kota Palembang.

Air Terjun Bidadari, Lahat Sumatera Selatan

Gunung Sibayak, Sumatera Utara

Gunung Sibayak merupakan salah satu tempat wisata favorit yang terletak di Karo, Sumatera Utara. Menurut cerita pendek, dahulu tanah Karo dikuasai oleh empat raja (sibayak) yakni Sibayak Lingga, Sarinembah, Suka Barusjahe, dan Kutabuluh. Maka dari itu gunung Sibayak juga sering disebut dengan ‘Gunung Raja’.

Gunung Sibayak, Sumatera Utara

Danau Toba, Sumatera Utara

Wisata alam di Sumatera Utara yang sudah mendunia adalah Danau Toba. Orang sering menyebut istilah Toba sebagai kepanjangan dari Tanah Orang Batak Asli. Karena memang mayoritas masyarakat yang mendiami tempat ini adalah masyarakat Batak.

DanauToba menyimpan sejuta pesona pariwisata di Sumatera Utara, apalagi kini Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 rupanya menjadi lokomotif bagi pariwisata di Sumatera Utara.

Danau Toba, Sumatera Utara

Taman Nasional Bukit Barisan

Di Lampung cukup banyak ditemukan tempat wisata alam dalam bentuk taman nasional. Salah satunya adalah Taman Nasional Bukit Barisan yang cukup terkenal. Kawasan ini merupakan Taman Nasional terbesar ke-3 di Pulau Sumatera dengan hutan lindung sebagai tempat melindungi spesies flora dan fauna.

.

Taman Nasional Bukit Barisan

Pantai Selat Baru, Kepulauan Riau

Ingin menikmati wisata pantai terbaik di Riau, maka berkunjung lah ke Propinsi Kepulauan Riau, di Pantai selat baru bukan hanya akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, namun juga wisata kuliner seafood yang sangat lezat.

Tak hanya itu, di sini kita juga bisa menemukan kekayaan khazanah budaya Melayu. Pantai Selat Baru merupakan salah satu pantai yang terkenal di Kepulauan Riau.

Pantai Selat Baru, Kepulauan Riau

Pantai Batu-Batu Bertupang, Aceh

Daerah Istimewa Aceh juga memiliki banyak wisata pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Batu Batu Bertupang. Pantai yang indah lainnya adalah Pantai Lampuuk, Pantai Terong, Pantai Kuala Parek dan Pantai Pasir Saka.

Pantai Batu-Batu Bertupang, Aceh

Pantai Panjang, Bengkulu

Wisata pantai juga bisa kita temukan di Bengkulu. Di propinsin ini juga memiliki wisata alam menarik lainnya seperti Danau Harum Bestari, Air Terjun Kepala Siring dan sebagainya.

Pantai Panjang, Bengkulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here