10 Kota Terbaik di Dunia 2021, Indonesia Kalahkan Jepang

Situs perjalanan Travel + Leisure menobatkan sejumlah daerah berbagai negara sebagai 10 kota Terbaik di Dunia 2021. Satu daerah di Indonesia menempati peringkat di atas kota sejarah Jepang, Kyoto.
Penghargaan Kota Terbaik di Dunia 2021 tersebut merupakan bagian dari The World’s Best Awards 2021 yang dirilis Travel + Leisure. Pemeringkatan disusun berdasarkan survei pengalaman perjalanan voters tiga tahun belakangan. Survei dibuka secara daring pada 11 Januari – 10 Mei 2021.

Perlu digarisbawahi, sejumlah daerah yang masuk pemeringkatan tidak hanya kota secara geografis, namun juga daerah setingkat desa dan kecamatan. Pada survei Kota Terbaik di Dunia, voters menilai berbagai daerah di dunia berdasarkan kenampakan alam dan kota, titik destinasi yang menarik untuk dikunjungi, kebudayaan, makanan khas daerah, keramahan, pengalaman belanja, dan nilai keseluruhan.

Pemeringkatan kota terbaik di dunia 2021 menunjukkan kecenderungan pejalan pada kenampakan kota dan arsitektur serta sejarah kota. Apa saja kota terbaik di dunia?

Kota Terbaik di Dunia 2021
1. San Miguel de Allende, Meksiko
Skor: 93.54

San Miguel de Allende merupakan kota kecil di Meksiko yang khas dengan gedung berarsitektur neo-Gotik dan gaya kolonial Spanyol. Sejarah, situs, dan gedung peninggalan kolonial Spanyol di penjuru kota menjadikan San Miguel sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Kemudahan berjalan kaki, keindahan kota sejarah, makanan enak dan orang-orang yang ramah merupakan kekuatan kota San Miguel de Allende. Kota yang berjarak 4 jam perjalanan dari Mexico City ini menjadi kota terbaik di dunia 2021.

2. Udaipur, India
Skor: 91.63

Kota di barat laut India ini dikenal dengan Lake Palace di tengah Danau Pichola dan Udaipur City Palace. Bagian utama istana Udaipur City Palace menjadi museum artefak sejarah setempat. Sebagai informasi, Udaipur sudah berdiri sejak tahun 1553 sebagai ibu kota Kerajaan Mewar.

Karena keindahan kota dan gedung-gedung di tepi maupun di tengah danau, daerah di negara bagian Rajashtan, India ini dikenal sebagai Kota Danau dan Venice of the East. Udaipur mendapat skor

3. Istanbul, Turki
Skor: 91.32

Istanbul menyimpan sejarah perdagangan dunia sebagai kota yang dahulu bernama Konstantinopel dan Byzantium. Diversitas kota terpadat di Turki ini tampak dari peninggalan masjid, gereja, dan sinagoge sejak abad ke-17 yang terletak berdampingan.

Istanbul merupakan satu-satunya kota yang terletak di benua Eropa dan Asia. Sejumlah tempat di Istanbul merupakan situs warisan dunia UNESCO sejak 1985, di antaranya yaitu Sultanahmet Archaeological Park, Suleymaniye Mosque and the Protection Zone serta daerah sekitarnya, Zeyrek Mosque and the Protection Zone dan daerah sekitar, serta Istanbul Land Walls Protection Zone.

4. Ubud, Indonesia
Skor: 91.25

Ubud merupakan desa di Kabupaten Gianyar, Bali yang menjadi pusat seni, kerajinan, dan kehidupan spiritual . Ubud juga menjadi rumah situs suci kuno Goa Gajah dan gunung Kawi.Desa ini juga dikenal dengan kenampakan alam Gunung Batur, beragam pura bersejarah, hutan asri Monkey Forest, dan museumnya. Sebagai informasi, Neka Art Museum salah satunya menyimpan karya pelukis Affandi.

Ubud memiliki jalur pendakian dua km Campuhan Ridge Walk untuk menikmati panorama pegunungan, matahari terbit, dan sunset. Sementara itu, beragam acara dan festival juga digelar di Ubud, salah satunya festival sastra tahunan Ubud Writers and Readers Festival. Dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ubud terus dikembangkan menjadi destinasi wisata edukasi.

5. Kyoto, Jepang
Skor: 90.94

Kyoto merupakan salah satu kota tertua di Jepang dengan sejarah lebih dari 1.200 tahun. Kota in merupakan ibu kota Jepang dan tempat tinggal kaisar dari tahun 794-1868. Sejumlah peninggalan yang masih terawat hingga yaitu kuil-kuil bersejarah seperti Fushimi Inari dan Ginkakuji Temple, Museum Nasional Kyoto, dan Sento Palace.

6. Florence, Italia
Skor: 90.48

Florence merupakan kota budaya di Tuscany, Italia. Kota ini kerap disebut sebagai tempat lahirnya masa Renaisans karena banyak penulis, pemikir, dan seniman Renaisans lahir dari daerah ini. Uffizi Gallery di Florence memiliki koleksi terbanyak karya seni masa Renaisans di dunia, salah satunya Adoration of the Magi oleh Leonardo da Vinci.

Berbagai gereja, istana, dan gedung peninggalan juga memiliki sejarah dan arsitektur yang asyik untuk dipelajari. Salah satunya yaitu istana Palazzo Vechio dari abad ke-13 dan gereja Santa Croce Fransiscan yang menyimpan fresco karya Giotto dan nisan Galileo serta Michelangelo.

7. Mexico City
Skor: 90.23

Mexico City merupakan salah satu kota tertua dan terbesar di Amerika. Kota ini dibangun dari reruntuhan kota kuno Aztek, Tenochtitlan. Penjajah Spanyol yang menghancurkan Tenochtitlan kelak membangun ‘kota istana’ pada abad ke-16. Gedung-gedung peninggalan di Mexico City kini menjadi gereja, kuil, dan ratusan museum. Soumaya Museum menyimpan artefak berumur 3.000 tahun dari pre-Hispanic Mesoamerika, karya seni Auguste Rodi, Salvador dari, Pablo Picasso, sampai Vincent van Gogh.

Mexico City memiliki banyak situs warisan dunia UNESCO. Salah satunya yaitu situs arkeologi kuno Teotihuacan. Berlokasi 45 menit dari pusat kota, situs arkeologi ini memiliki kuil Quetzalcoatl serta Piramida Matahari dan Bulan yang dibangun secara geometris di masa lampau.

8. Oaxaca, Meksiko
Skor: 90,22

Oaxaca de Juarez merupakan kota di selatan Meksiko yang semula ditinggali orang Aztec pada abad ke-15. Setelah dijajah Spanyol, Oaxaca kini menjadi rumah bagi sejumlah gedung peninggalan dan gereja Santo Domingo. Budaya di Oaxaca kental dengan peninggalan budaya orang Indian, yang kini diteruskan melalui festival tradisional kita, pasar kerajinan tangan warna-warni, dan kehidupan warganya.

9. Chiang Mai, Thailand
Skor: 90,06

Chiang Mai merupakan ibu kota Lanna Kingdom yang sempat berkuasa di Thailand. Tidak heran, ada banyak kuil bersejarah dan museum di Chiang Mai yang di antaranya berusia 700 tahun. Di samping itu, Chiang Mai juga memiliki sejumlah tempat konservasi gajah dan safari hewan khas Thailand.

Chiang Mai juga memiliki desa-desa suku asli seperti suku leher panjang Karen. Di samping desa asli, terdapat kampung kerajinan tangan payung kertas warna-warni Bo Sang di Chiang Mai. Taman nasional Gunung Doi Inthanon juga terletak di Chiang Mai, yang merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Thailand (2,565 mdpl).

10. Bangkok, Thailand
Skor: 89,81

Bangkok merupakan tempat berdirinya The Grand Palace yang berdiri pada 1782. Ibu kota Thailand ini juga menjadi saksi penyebaran agama Buddha. Berbagai kuil suci bersejarah umat Buddha terdapat di Bangkok, seperti Wat Phra Kaew (Tempel of the Emerald Buddha), Ayutthaya Temple, Wat Pho, Wat Arun (Temple of Dawn), dan lain-lain. Sebagai informasi, Wat Pho merupakan kuil dari abad ke-16 yag memiliki patung Buddha sepanjang 46 meter.

Nah, itu dia kota terbaik di dunia 2021 versi Travel + Leisure.